0

Bagaimana Menginstal Xampp ke Windows




Xampp adalah software gratis yang berisi paket installasi Apache, PHP dan MySQL dan dapat diperoleh dari http://www.apachefriends.org . XAMPP dikembangkan  dari LAMP (Linux Apache, MySQL, PHP and PERL), XAMPP ini merupakan project non-profit yang di kembangkan oleh Apache Friends yang didirikan Kai 'Oswalad' Seidler dan Kay Vogelgesang pada tahun 2002, project mereka ini bertujuan mempromosikan pengunaan Apache web server.  

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal XAMPP :

Jalankan file tersebut dengan klik 2 kali (doubleclick) file tersebut.

Kita akan diminta untuk memilih bahasa yang ingin digunakan saat proses installasi, setelah selesai memilih bahasa yang akan digunakan tekan tombol Next.




Berikut akan tampil welcome screen  yang berisi versi xampp yang kita install. Klik tombol Next
 

 Sekarang memilih lokasi program akan diinstall, secara default XAMPP akan di install pada folder C:\xampp. Klik Next
 


Selanjutnya ada pilihan untuk mengaktifkan Apache, MySQL dan Filezilla sebaga sebuat service. Ceklist ketiganya lalu klik next

 
 

Proses installasi program pada komputer anda.



 Selanjutnya akan muncul sebuah pesan yang memberitahukan proses berhasil. Klik Finish

 



Selanjutnya XAMPP akan langsung mencoba menjalankan hasil installasi dan melakukan konfiguasi tambahan yang diperlukan, jika anda mengunakan windows XP SP2/Vista kemungkinan akan muncul form security report seperti gambar 7 yang meminta konfirmasi apakah program benar akan dijalankan? Karena memang benar kita menjalankan program tersebut maka pilih tombol UNBLOCK pada form konfirmasi yang muncul tersebut.

 


Pesan berikut akan muncul bila konfigurasi installasi servcei selesai dilakukan.

 


Apakah kita ingin menbuka XAMPP Control Panel setelah selesai installasi ini.


 




Jika pada pilihan sebelumnya kita memilih untuk menjalankan XAMPP Control panel maka secara automatis XAMPP control panel akan ditampilkan, form control panel XAMPP seperti gambar 10 dibawah ini, dari control panel ini kita dapat mematikan atau menjalankan service yang telah terinstall.

 




Sampai disini proses installasi Apache, PHP dan MySQL di komputer kita telah selesai dan siap untuk digunakan. Untuk mencoba hasil installasi bukalah browser yang ada di komputer anda kemudian pada address bar ketikan http://localhost atau http://127.0.0.1 kemudian tekan enter untuk membrowse dan mencoba apakah webserver telah bisa digunakan. Jika sukses maka akan muncul tampilan awal welcome screen XAMPP seperti gambar berikut.


 


Demikian panduan singkat menginstal Xampp di platform Windows.

Semoga bermanfaat,
Terima Kasih,


Download tutorial versi PDF klik disini



 

Artikel Terkait


0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2014 Love Timor All rights reserved. | Bloggerized by Tri Selan.

Read more: http://cintapriawanita.blogspot.com/2012/01/cara-membuat-navigasi-paging-halaman.html#ixzz39mPuDUrh