0

Bagaimana Cara Menginstal Joomla?




Joomla adalah salah satu CMS (Content Management System) yang open source  atau gratis dan memiliki komunitas yang besar sehingga memungkinkan anda mengupgrade dan meningkatkan kemampuan situs web anda. Pada dasarnya adalah bagian dari perangkat lunak yang dapat Anda instal pada server Anda yang akan memungkinkan Anda dengan cepat membangun dan mengelola website Anda serta melakukan blogging dengan mudah dengan tidak mengesampingkan pengetahuan dasar tentang blogging.




Berikut adalah panduan menginstal joomla versi 1.5. Anda bisa mendownload paket joomla di http://www.joomla.org/download.html. Sebelum menginstal joomla pastikan computer anda sudah terinstal web server dan database seperti mysql. Paket web server dan mysql dapat anda peroleh di software Xampp. Untuk menginstal xampp anda bisa melihat panduannya di Panduan Menginstal Xampp diWindows. 
Apabila sudah memiliki Joomla silahkan Unzip file joomla ke dalam folder localhost. Jika anda menggunakan Xampp anda harus menyimpan file dalam XAMPP/htdocs/latihan1. Folder latihan1 yang tercetak tebal bersifat optional sehingga bisa diganti dengan nama lain.
Ketikan localhost/latihan1/ pada web browser anda, dari langkah ini akan ada 7 langkah kedepan dalam tahapan installasi joomla.

Langkah 1 : Pilih Bahasa kemudian tekan tombol Next




Langkah 2 : Pemeriksaan Pra Pemasangan


Tahap ini joomla akan memeriksa feature atau software pendukung terdiri pemeriksaan terhadap PHP, Dukungan kompresi, dukungan XML, dukungan MySQL, MB Language standar MB string overload dan configuration.php. Jika ada salah satu atau beberapa hal tersebut yang tidak didukung (biasanya ditandai dengan “Tidak”), berarti sistem tidak memenuhi kebutuhan minimum, silahkan lakukan tindakan semestinya. Jika anda sudah memastikan tidak terdapat masalah pada tahap pemeriksaan pra pemasangan click tombol Berikutnya.

Langkah 3 Lisensi. Joomla menggunakan lisensi GNU GPL open source.

Langkah 4 Pengaturan Basis Data



Basis Data yang digunakan ditutorial ini adalah MySQL, Nama Host adalah localhost, Nama Pengguna/User name adalah root, Sandi Lewat/Password dikosongkan dan nama databsenya adalah databaseku. Nama pengguna dan password akan dipergunakan pada saat kita membuka halaman Administrator. Click tombol Berikutnya untuk melanjutkan.

Langkah 5 Pengaturan FTP
Langkah kelima ini tidak diperlukan langkah jika Anda menggunakan instalasi pada sistem operasi Windows. Namun, jika Anda tidak, Anda dapat menemukan informasi FTP melalui penyedia hosting Anda. Click tombol Berikutnya untuk melanjutkan
 
Langkah 6 Pengauran Umum


Seting Nama nama situs anda, alamat email dan password. Pada tutorial ini contoh  nama web adalah  “web latihan” sebagai nama situs sedangkan password yang digunakan adalah admin.




Bagi pemula joomla disarankan untuk mengklik Pasang Contoh Data, karena dengan memasang contoh data dapat dipergunakan untuk mempelajari pula tata cara pengkategorian posting, penyusunan halaman, memanaje menu dan lainnya. Click tombol Berikutnya untuk melanjutkan.
 
Langkah 7 Selesai




Sampai pada langkah ini Joomla telah berhasil anda install pada komputer anda. Sebelum anda menjalankannya yakinkan folder \XAMPP\htdocs\latihan1\installation telah anda hapus!
Selanjutnya anda dapat click tombol Situs untuk menampilkan halaman web site atau click tombol Admin untuk masuk ke halaman Administration.
Jika anda berencana untuk membuat situs lain, Anda mungkin harus membuat folder baru misalkan XAMPP/htdocs/latihan2/ sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur website Anda. Anda akan dapat mengakses setiap file dalam folder htdocs di XAMPP dengan membuka web browser dan mengetikkan http://localhost/latihan1/ atau http://localhost/latihan2/

Demikian tutorial singkat cara menginstal joomla.
Semoga bermanfaat,
Terima Kasih,



Download tutorial versi PDF klik disini

Artikel Terkait


0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2014 Love Timor All rights reserved. | Bloggerized by Tri Selan.

Read more: http://cintapriawanita.blogspot.com/2012/01/cara-membuat-navigasi-paging-halaman.html#ixzz39mPuDUrh